KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KECINTAAN ANAK PADA AL-QURAN

(Study Deskrptif Kualitatif Komunikasi Interperonal Orang Tua dalam Menanamkan Kecintaan Al-Qur’an pada Anak Usia 0-6 Tahun di Desa Bongas Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu)

Authors

  • Siti Noerlaela Universitas Subang
  • Janjan Eka Sulistiana, S. Sos, M. T Universitas Subang

Abstract

Komunikasi interpersonal merupakan salah satu jenis komunikasi yang penting dan berlaku dalam kehidupan sehari-hari manusia. sedari dini anak sudah dikenalkan dengan Al-Qur’an, agar menjadi modal bagi anak untuk menggali pendidikan Al-Qur’an. Orang tua memiliki peran penentu terbentuknya kemampuan anak dalam membaca dan menulis Al-Qur’an. Inilah yang melatarbelakangi untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal dan bentuk komunikasi interpersonal orang tua dalam menanamkan kecintaan anak pada Al Qur’an di desa Bongas. Yang bertujuan untuk mengetahui proses dan bentuk komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak.

Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan metode studi desakriptif kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah orang tua dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Dan hasil penelitian yang didapat adalah diperoleh kesimpulan bahwa proses komunikasi yang terjadi antara orang tua dan anak dalam menanamkan kecintaan anak pada Al Qur’an di desa Bongas rt 06 dengan melalui tatap muka langsung dan satu arah. Bentuk/teknik komunikasi yang mereka lakukan dalam proses komunikasi dalam menanamkan kecintaan anak pada Al Qur’an adalah dengan membujuk dan menasehati secara langsung sehingga membentuk teknik komunikasi persuasif. Model komunikasi satu arah yang berperan aktif dalam kegiatan komunikasi adalah anak hanya menerima pesan atau informasi yang disampaikan oleh orang tua.

Author Biographies

Siti Noerlaela, Universitas Subang

Ilmu Komunikasi 

Janjan Eka Sulistiana, S. Sos, M. T, Universitas Subang

Ilmu Komunikasi 

Published

2024-05-28

How to Cite

Siti Noerlaela, & Janjan Eka Sulistiana, S. Sos, M. T. (2024). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DALAM MENANAMKAN KECINTAAN ANAK PADA AL-QURAN : (Study Deskrptif Kualitatif Komunikasi Interperonal Orang Tua dalam Menanamkan Kecintaan Al-Qur’an pada Anak Usia 0-6 Tahun di Desa Bongas Kecamatan Bongas Kabupaten Indramayu). OMNICOM: Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 12–28. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FIKOM/article/view/2024

Issue

Section

Articles