PENGARUH DESAIN, LEBEL DAN KEMASAN TERHADAP MUTU PRODUK OLAHAN DAN MEMANFAATKAN E-COMMERCE DALAM MEMASARKAN MAKANAN DI DESA KALENTAMBO

Authors

  • Ade Suparman
  • Siti Rohmah Universitas Subang
  • Asep Awaludin Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/jkpemasfia.v1i1.1671

Keywords:

UKM, Kalentambo, AHP, Label, Desain, Kemasan

Abstract

Abstrak Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah salah satu pilar ekonomi Indonesia yang tahan goncangan dan resesi. UKM umumnya berangkat dari usaha yang berakar pada budaya dan kekhasan suatu daerah. Walaupun awalnya lebih banyak bergerak di wilayahnya saja, pemerintah mencanangkan upaya digitalisasi UKM dengan menggalakkan penjualan elektronik atau e-commerce. Di Kalentambo UKM bergerak dibidang usaha makanan. Untuk mendapatkan strategi yang tepat memanfaatkan teknologi informasi dalam penjualan elektronik, maka penelitian ini mempunyai dua metode penelitian. Pertama menganalisis faktor – faktor apa saja yang mendorong UKM untuk menggunakan e-commerce. Analisis beberapa faktor pendorong ini dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP adalah metode pengambilan keputusan yang mampu menyeleksi multikriteria faktor sehingga menghasilkan hasil analisis akurat. Hasil pengolahan data dengan AHP menunjukkan bahwa faktor yang paling besar bobotnya adalah faktor teknologi informasi sebesar 33,2%, dan alternatif yang paling tinggi bobotnya adalah pelaku bisnis usaha makanan khas dengan bobot 38,8%. Dengan adanya hasil analisa AHP tersebut, maka penelitian dilanjutkan dengan merancang sistem informasi berbasis web untuk mendorong UKM menjalankan transaksi penjualan secara elektronik. Analisa dan perancangan sistem dilakukan dengan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) agar sistem dapat dikembangkan secara bertahap dan penelitian ini bertujuan untuk menhgetahui pengaruh yang signifikan antara label,desain,kemasan terhadap kualitas produk makanan di kalentambo.Hasil analisis pun menujukan bahwa variable label,desain,dan kemasan berpengaruh positif terhadap kualitas produk meskipun hanya kemasan yang menunjukkan pengaruh yang kuat terhadap kualitas produk.

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles