PENGEMBANGAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN OLAHAN IKAN MELALUI MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) DI DESA PATIMBAN KECAMATAN PUSAKANAGARA KABUPATEN SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.37950/jkpemasfia.v1i1.1672Keywords:
Strategi, Komunikasi Pemasaran, InstagramAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Desa Patimban melalui media sosial instagram. Dengan adanya instagram Keripik Olahan Ikan Patimban dapat melakukan pemasaran dan promosi diantaranya memposting foto produk makanan olahan ikan melalui media sosial instagram. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Teori yang digunakan adalah Teori Integrated Marketing Communication. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Desa Patimban dinilai tepat. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Desa Patimban adalah melalui media sosial instagram dengan cara memposting foto produk makanan olahan ikan dengan sebuah caption yang menarik dan lucu, dengan melakukan pemasaran melalui media sosial instagram semua orang dapat mengakses dan mengetahui keberadaan lokasi Desa Patimban dengan cepat oleh karena itu Desa Patimban memanfaatkan media sosial instagram sebagai alat promosi agar terciptanya target yang diinginkan dan terjadinya minat beli yang tinggi. Saran yang dapat peneliti berikan adalah harus lebih diperbanyak postingan pada akun instagram Desa Patimban dan akun instagram @keripik_ikan_patimban harus lebih menjaga hubungan baik kepada setiap konsumennya.