DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM CIRENG ISI DESA SINDANGLAYA KECAMATAN TANJUNGSIANG

Authors

  • Silvy Sondari Gadzali
  • Dzaki Firdaus Universitas Subang
  • Wahyu Hidayat Universitas Subang
  • Lala Karlina Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/jkpemasfia.v1i1.1674

Abstract

Dengan majunya dunia digital dan internet dapat mempengaruhi dunia pemasaran salah satunya strategi pemasaran  melalui digital marketing. Digital marketing ini digunakan sebagai strategi pemasaran guna memasarkan produk atau barang lewat dunia digital dan internet, karena para calon pelanggan dapat dengan mudah memperoleh segala macam informasi mengenai produk dan bertransaksi atau melakukan pembayaran melalui internet. Penjualan UMKM Cireng isi yang ada di desa Sindanglaya selama ini mengharuskan konsumen yang ingin memesan atau membeli produk untuk datang langsung ke lokasi atau memesan lewat WhatsApp untuk melihat produk yang akan dibeli. Tujuan kegiatan ini adalah memeberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM Cireng isi desa Sindanglaya mengenai prospek pemasaran lewat digital marketing sebagai strategi pemasaran  dalam  memasarkan  produknya.  Tahap  pelatihan  dan  pendampingan  terdiri  dari beberapa  kegiatan  yaitu:  (1)  Pengenalan  digital  marketing  (marketplace),  (2)  Dokumentasi produk, (3) Pengenalan sosial media, (4) Proses promosi, (5) Tatacara pengiriman barang. Hasil dari Pengabdian Kepada Masyarakat adalah UMKM Cireng isi memiliki akun digital marketing atau marketplace sebagai alat untuk melakukan penjualan dan mempromosikan dagangannya dan pelaku UMKM dapat memahami arti digital marketing dan juga mampu mengelola marketplace sosial medianya.

Downloads

Published

2023-06-22

Issue

Section

Articles