PENINGKATAN PENDAPATAN SERTA PRODUKTIFITAS PERTANIAN DESA CURUGRENDENG MENGGUNAKAN TEKNOLOGI SMART FARMING DAN MELALUI STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL MARKETING

Authors

  • Ari Ajibekti M Fakultas Teknik Universitas Subang
  • Angga Putra Alamsyah Fakultas Teknik Universitas Subang
  • Aldi Aprianto Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang
  • Dezan Dwi Aryanto Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang
  • Gibran Ali Albahar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang

DOI:

https://doi.org/10.37950/jkpemasfia.v1i2.1895

Keywords:

IoT, Sensor Ph, Digital Marketing, Agricultural Commodities

Abstract

Abstrak

 

Padi dan palawija adalah komoditas utama Desa Curugrendeng. Pertanian memegang peranan penting dalam ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Desa Curugrendeng. Namun untuk saat ini banyak tantangan yang dihadapi oleh para petani yaitu pengoptimalan kualitas pertanian dan terbatasnya akses pasar yang menjadi problem utama bagi para petani. Oleh karena itu, program ini akan membuat system monitoring pH tanah berbasis Internet of Think (IoT) dengan topologi peer to peer serta menggunakan perangkat komunikasi nirkabel dengan sensor satu Node. Tidak hanya itu, pemberian edukasi tentang pentingnya pemanfaatan strategi komunikasi digital marketing untuk meningkatkan pasar modern melalui platform digital dan web. Agar petani mempunyai indikator waktu untuk penanaman dan pemberian pupuk yang tepat supaya tanaman lebih produktif dan sistem pemasarannya menjadi lebih efektif, sehingga dapat memperluas cakupan target penjualannya.

 

Katakunci: IoT, Sensor pH, Digital marketing, Komoditas Pertanian

 

 

 

 

Abstract

 

Rice and palawija are the main commodities of Curugrendeng Village. Agriculture plays an important role in the economy and welfare of the people of Curugrendeng Village. But for now there are many challenges faced by farmers, namely optimizing agricultural quality and limited market access which are the main problems for farmers. Therefore, this program will create a soil pH monitoring system based on the Internet of Think (IoT) with a peer to peer topology and use a wireless communication device with a single node sensor. Not only that, providing education about the importance of using digital marketing communication strategies to improve modern markets through digital and web platforms. So that farmers have time indicators for planting and applying the right fertilizer so that the plants are more productive and the marketing system becomes more effective, so that they can expand the scope of their sales targets.

 

Keywords: IoT, Sensor Ph, Digital Marketing, Agricurtural Commodities

Downloads

Published

2024-01-07

Issue

Section

Articles