STRATEGI KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI BUDIDAYA TANAMAN HIDROPONIK KECAMATAN PUSAKANAGARA

Authors

  • Iin Inayah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Subang
  • Silvy Sondari Gadzali Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Hani Ruchendi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Luki Natika Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Subang
  • Silvi Aulia Fakultas Administrasi Universitas Subang

Keywords:

communication strategy, community empowerment, hydroponics

Abstract

Abstrak

Perencanaan komunikasi merupakan proses penyusunan konsep komunikasi yang dilakukan secara sadar dan sengaja untuk mencapai tujuan atau maksud tertentu. Paduan perencanaan dan manajemen komunikasi ini menciptakan strategi komunikasi yang kuat secara konseptual dan operasional, sehingga membuat masyarakat lebih siap menghadapi tantangan perubahan lingkungan. Pemberdayaan dalam penelitian ini masuk ke dalam ranah komunikasi dan lebih fokus ke dalam perubahan perilaku masyarakat di dalam sebuah komunitas.

 

 

Pemberdayaan masyarakat secara perlahan dan dilakukan sedini mungkin diharap menunjukkan dampak positif bagi masyarakat desa Mundusari yang memang memiliki niat untuk bergerak maju. Pemberdayaan masyarakat merupakan kegiatan peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan menyelesaikan permasalahan yang dialami masyarakat. Kegiatan dilaksanakan melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang merupakan aktivitas berbasis pengabdian masyarakat untuk meningkatkan empati mahasiswa terhadap kondisi masyarakat dan lingkungannya. Hidroponik adalah strategi bercocok tanam tanpa memanfaatkan tanah, melainkan menggunakan air sebagai pemenuhan kebutuhan tanaman. Lingkungan tercemar yang ditimbulkan oleh aktivitas manusia dapat membuat alam tidak dapat kembali ke kondisi yang unik. KKNM VII Universitas Subang 2022 dilaksanakan di Desa Mundusari Kecamatan Pusakanagara dengan Metode dasar penelitian adalah metode deskriptif analisis dengan Teknik pelaksanaan studi literatur. Hasil menunjukkan adanya respon positif serta partisipasi aktif masyarakat yang tinggi diantaranya mengikuti program pembelajaran hidroponik serta pemanfaatan hasil hidroponik.

Kata Kunci : strategi komunikasi, pemberdayaan masyarakat, hidroponik

 

Abstract

Communication planning is the process of compiling the concept of communication that is carried out consciously and intentionally to achieve certain goals or purposes. This combination of planning and communication management creates a strong communication strategy conceptually and operationally, thus making the community better prepared to face the challenges of environmental change. Empowerment in this study goes into the realm of communication and focuses more on changing people's behavior in a community. Community empowerment slowly and carried out as early as possible is expected to show a positive impact for the Mundusari village community who do have the intention to move forward. Community empowerment is an activity to increase community participation in meeting the needs of life and solving problems experienced by the community. The activity

 

 

is carried out through the Real Work Lecture (KKN) program which is a community service- based activity to increase student empathy for the condition of society and its environment. Hydroponics is a farming strategy without using soil, but using water to fulfill plant needs. The polluted environment caused by human activities can make nature unable to return to its unique condition. KKNM VII Subang University 2022 was held in Mundusari Village, Pusakanagara District. The basic method of research is descriptive analysis method with literature study implementation technique. The results show that there is a positive response and high active participation of the community including participating in hydroponic learning programs and utilizing hydroponic products.

Keywords: communication strategy, community empowerment, hydroponics

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles