MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI PERANGKAT KERAS INTERNET MELALUI PENERAPAN MEDIA BENDA ASLI DI KELAS IX A SMP NEGERI 2 JALANCAGAK
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1242Keywords:
Prestasi Belajar, Perangkat Keras Internet, Benda Asli, TIKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Perangkat Keras Internet melalui penerapan media benda asli di kelas IX A SMP Negeri 2 Jalancagak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil dengan subyek seluruh siswa kelas IX A SMP Negeri 2 Jalancagak yang berjumlah 28 orang dengan waktu penelitian selama 6 bulan. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian kondisi awal, siklus I, dan siklus II diketahui adanya peningkatan prestasi belajar yang diperoleh siswa pada materi Perangkat Keras Internet. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,25 dengan tingkat kelulusan sebesar 53,57%. Peningkatan prestasi belajar siswa terjadi pada siklus II, yaitu nilai rata-rata kelas naik menjadi 83,93 dengan tingkat kelulusan sebesar 92,86. Bedasarkan data yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, terlihat adanya peningkatan prestasi belajar siswa, dengan demikian menunjukan bahwa media benda asli dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi Perangkat Keras Internet.