MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TARUNA PADA MATERI INVERS MATRIKS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI TPM B SMK NEGERI 2 SUBANG

Authors

  • Oro Sumara SMKN 2 Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1247

Keywords:

Hasil Belajar, Invers Matriks, Discovery Learning, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar taruna pada materi Invers Matriks melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di Kelas XI TPM B SMK Negeri 2 Subang. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, 2 pertemuan awal adalah pembelajaran dan 1 pertemuan terakhir adalah tes evaluasi dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 73. Subjek penelitian ini adalah taruna kelas XI TPM B SMK Negeri 2 Subang yang berjumlah 33 taruna. Nilai rata-rata kelas tes evaluasi pada siklus I adalah 71,06 dengan 16 taruna yang tuntas KKM (48,48%) dan nilai rata-rata tes evaluasi pada siklus II adalah 84,70 dengan 30 taruna yang tuntas KKM (93,94%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,64 (19,19%). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar taruna pada materi Invers Matriks di kelas XI TPM B SMK Negeri 2 Subang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-03-31

How to Cite

Sumara, O. . (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TARUNA PADA MATERI INVERS MATRIKS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS XI TPM B SMK NEGERI 2 SUBANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(1), 36–46. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1247