MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII E SMP NEGERI 2 JALANCAGAK

Authors

  • Dede Ariandi SMP Negeri 2 Jalancagak

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1248

Keywords:

IPS, gambar, konflik dan integrasi dalam kehidupan sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial melalui penerapan media gambar pada siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Jalancagak. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus dan tiga kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Jalancagak yang berjumlah 26 siswa. Berdassarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial pada siswa kelas VIII E. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus I ke siklus II. Sebelum menerapkan media gambar nilai rata-rata kelas pada materi Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial adalah 63,70 dengan siswa yang tuntas 8 siswa (30,77%), namun setelah penerapan media gambar nilai rata-rata kelas menjadi 71,73 dengan siswa yang tuntas adalah 14 siswa (53,85%) pada siklus I dan pada siklus II rata-rata kelas menjadi 84,62 dengan siswa yang tuntas adalah 24 siswa (92,31%).

Downloads

Published

2022-04-03

How to Cite

Ariandi, D. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VIII E SMP NEGERI 2 JALANCAGAK. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(1), 47–57. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1248