PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIK TINGKAT TINGGI PADA SISWA KELAS BERBAKAT
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1250Keywords:
Berpikir, Pemecahan Masalah Kontekstual, PendekatanAbstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Kontekstual dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Siswa, (2) Bagaimana sikap siswa kelas VII-B di SMP Negeri 1 Banjar terhadap belajar matematika dengan menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Kontekstual dapat meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi siswa, (2) Mengetahui sikap siswa kelas VII-B di SMP Negeri 1 Banjar terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Kontekstual. adapun hasil dari penelitian iniadalah, dengan menggunakan Pendekatan Pemecahan Masalah Kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Banjar. Berdasarkan hasil data kualitatif, kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi pada tes awal (34,28%), tes siklus I (46,17%), tes siklus II (55,32%), tes siklus III (61,02%), dan tes sub sumatif (81,81%).