MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL

Authors

  • Pujiadi Pujiadi SMP Negeri 1 Banjar

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1255

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan Kontekstual

Abstract

Penelitian yang sudah dilakukan di SMP Negeri 1 Banjar dilatarbelakangi oleh hasil rata-rata nilai ulangan Matematika semester 1 yang mencapai 55 sementara target yang ingin dicapai adalah 70. Penelitian ini ditujukan pada penggunaan model kontekstual dalam pembelajaran matematika materi pokok keliling dan luas lingkaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah : (1) Mengungkapkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas lingkaran dan (2) mengungkap aktivitas siswa selama menggunakan model pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas lingkaran. Topik pada tiap siklus pembelajaran disesuaikan dengan materi kelas VII SMP sesuai kurikulum yang berlaku. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII B semester II SMP Negeri 1 Banjar yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian dengan mengadakan model kontekstual pada pembelajaran matematika menunjukan adanya peningkatan proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat saat siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan senang dalam kelompoknya, begitupula perolehan nilai siswa dalam pembelajaran matematika pada materi keliling dan luas lingkaran mengalami peningkatan. Pada siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata yang diraih siswa mencapai nilai 66,56, pada siklus I pertemuan 2 mencapai nilai 70,47, padasiklus II pertemuan 1 mencapai nilai 75,00 dan pada siklus II pertemuan 2 mengalami peningkatan yang cukup baik mencapai nilai 82,97. Berdasarkan hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran metematika dalam materi keliling dan luas lingkaran. Berdasarkan hasil penelitian diatas ada beberapa saran yang akan disampaikan antara lain : (1) Guru dapat mempertimbangkan model pembelajaran tersebut pada pembelajaran matematika untuk memperoleh hasil yang optimal dalam proses pembelajaran yang akan datang, (2) dengan adanya sosialisasi antar siswa membuat siswa lebih bersemangat dalam meningkatkan kreatifitassnya, (3) hal tersebut diharapkan dapat menciptakan lulusan yang berkompenten.

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Pujiadi, P. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELIPATAN PERSEKUTUAN TERKECIL DAN FAKTOR PERSEKUTUAN TERBESAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(1), 113–120. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1255