UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN REALISTICS MATHEMATIC EDUCATION
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1258Keywords:
Matematika, Model Pembelajaran RMEAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (a) untuk Mengetahui proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran realistik di kelas VI SD Negeri 1 Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar; (b) Melihat minat siswa terhadap matematika dengan menggunakan model pembelajaran realistik di kelas VI SD Negeri 1 Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar; (c) Memberikan gambaran tentang sejauh mana pembelajaran pecahan dengan menggunakan model pembelajaran realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VI SD Negeri 1 Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar. Metode penelitian dalam hal ini adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas VI SD Negeri 1 Kujangsari Kecamatan Langensari Kota Banjar tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi lapangan.Hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran realistik pada pokok bahasan operasi hitung pecahan di kelas VI ternyata mampu mengubah minat siswa yang semula kurang menyukai pelajaran matematika menjadi antuasias dan tampak senang pada pembelajaran matematika ini.Pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran realistik pada pokok bahasan operasi hitung pecahan di kelas VI secara umum telah dapat meningkatkan hasil prestasi belajar matematika. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai yang diperoleh siswa dari hasil tes rata – rata siklus I pertemuan 1= 68,86, siklus I pertemuan 2 = 70,57, rata – rata siklus II pertemuan 1=82,57, dan rata – rata siklus II pertemuan 2 = 90,00 . Maka kalau dibandingkan antar siklus terdapat peningkaatan yang signifikan.