MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNKANA METODE EKSPERIMEN DI KELAS VI SD NEGERI 3 BOJONGKANTONG KECAMATAN LANGENSARI KOTA BANJAR

Authors

  • Teguh Sutejo SD Negeri 3 Bojongkantong Kecamatan Langensari Kota Banjar

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1259

Keywords:

Eksperimen, Keterampilan proses, Pemahaman konsep

Abstract

Penelitian ini dilakukan, karena masih banyak ditemukan di lapangan terutama di sekolah tempat peneliti bertugas bahwa pembelajaran IPA hanya dilaksanakan dengan melaui metode ceramah dan penugasan saja. Nilai rata-rata pemahaman konsep siswa sebesar 61,50 atau di bawah nilai KKM. Begitu pun keterampilan proses sains dalam pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut dirumuskan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana tingkat pemahaman konsep siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap lingkungan setelah melalui metode eksperimen? (2) bagaimana tingkat keterampilan proses sains siswa setelah diterapkannya metode eksperimen? Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan tiga siklus. Indikator dan pokok bahasan pada setiap siklusnya dikembangkan dan disesuaikan dengan materi IPA kelas VI Sekolah Dasar dengan KTSP 2006. Lokasi penelitian dilakukan di SD Negeri 3 Bojongkantong Kecamatan Langensari Kota Banjar. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI tahun pelajaran 2019/2020 semester I, yang berjumlah seluruhnya 10 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Eksperimen, Observasi, Soal Tes Hasil Belajar, dan Angket. Adapun hasil yang diperoleh adalah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan dalam pembelajaran IPA di kelas VI SD Negeri 3 Bojongkantong Kecamatan Langensari Kota Banjar. Nilai rata-rata pemahaman konsep yang diperoleh siswa pada siklus I pertemuan 1 sebesar 71,50; pada siklus I pertemuan 2 sebesar 77; dan pada siklus II pertemuan 1 sebesar 86, siklus II pertemuan 2 sebesar 90. Ini berarti dari siklus I ke siklus II nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan metode eksperimen dapat meningkatan pemahaman konsep pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan ekosistem pada siswa kelas VI SD Negeri 3 Bojongkantong Kecamatan Langensari Kota Banjar

Downloads

Published

2022-04-13

How to Cite

Sutejo, T. . (2022). MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNKANA METODE EKSPERIMEN DI KELAS VI SD NEGERI 3 BOJONGKANTONG KECAMATAN LANGENSARI KOTA BANJAR. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(1), 135–141. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i1.1259