MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII C SMP NEGERI 1 JALANCAGAK

Authors

  • Ema Romayati

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1447

Keywords:

hasil belajar;, discovery learning;, klasifikasi materi dan perubahannya;, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya melalui penerapan model Discovery Learning di kelas VII C SMP Negeri 1 Jalancagak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian terdiri dari 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan, dimana pada dua pertemuan awal merupakan pembelajaran secara utuh, sedangkan pada pertemuan ke 3 adalah tes formatif. Hasil tes formatif pada siklus I nilai rata-rata kelas 72,19 dengan siswa yang tuntas KKM berjumlah 16 orang (50%) dan pada siklus II nilai rata-rata kelas 84,22 dengan siswa yang tuntas KKM berjumlah 29 orang (90,63%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 16,03%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya di kelas VII C SMP Negeri 1 Jalancagak semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Romayati, E. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII C SMP NEGERI 1 JALANCAGAK. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 154–165. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1447