MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII C SMP NEGERI 1 JALANCAGAK
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1447Keywords:
hasil belajar;, discovery learning;, klasifikasi materi dan perubahannya;, IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya melalui penerapan model Discovery Learning di kelas VII C SMP Negeri 1 Jalancagak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian terdiri dari 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri dari 3 pertemuan, dimana pada dua pertemuan awal merupakan pembelajaran secara utuh, sedangkan pada pertemuan ke 3 adalah tes formatif. Hasil tes formatif pada siklus I nilai rata-rata kelas 72,19 dengan siswa yang tuntas KKM berjumlah 16 orang (50%) dan pada siklus II nilai rata-rata kelas 84,22 dengan siswa yang tuntas KKM berjumlah 29 orang (90,63%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 16,03%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model Discovery Learning terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Klasifikasi Materi dan Perubahannya di kelas VII C SMP Negeri 1 Jalancagak semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.