MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI TENGGERAGUNG

Authors

  • Cucu Alfiah SD Negeri Tenggeragung

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1467

Keywords:

Kemampuan Guru, Model Pembelajaran, Supervisi, Supervisi Klinis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran melalui penerapan supervisi klinis di SD Negeri Tenggeragung. Subjek penelitian adalah guru-guru SD Negeri Tenggeragung yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Aspek-aspek yang disupervisi adalah Kesesuaian antara model pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, Kesesuaian model pembelajaran dengan materi pelajaran, Model pembelajaran dapat memotivasi belajar siswa, mModel pembelajaran dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran, Model pembelajaran dapat mengefektifkan kegiatan pembelajaran, Model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pengolahan  data  dan  pembahasan  didapatkan  kesimpulan  sebagai  berikut:  Pada  aspek kemampuan  guru dalam menerapkan model-model pembelajaran  didapatkan hasil  pada  siklus  I  sebesar  68,13%  dengan  kategori  cukup  baik  dan  hasil pada  siklus  II meningkat menjadi 87,33% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Alfiah, C. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI TENGGERAGUNG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 185–198. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1467