MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI TENGGERAGUNG
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1467Keywords:
Kemampuan Guru, Model Pembelajaran, Supervisi, Supervisi KlinisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran melalui penerapan supervisi klinis di SD Negeri Tenggeragung. Subjek penelitian adalah guru-guru SD Negeri Tenggeragung yang berjumlah 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Aspek-aspek yang disupervisi adalah Kesesuaian antara model pembelajaran dengan tujuan pembelajaran, Kesesuaian model pembelajaran dengan materi pelajaran, Model pembelajaran dapat memotivasi belajar siswa, mModel pembelajaran dapat melibatkan siswa dalam pembelajaran, Model pembelajaran dapat mengefektifkan kegiatan pembelajaran, Model pembelajaran yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan sebagai berikut: Pada aspek kemampuan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran didapatkan hasil pada siklus I sebesar 68,13% dengan kategori cukup baik dan hasil pada siklus II meningkat menjadi 87,33% dengan kategori sangat baik.