MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RESIPROKAL DI KELAS VII I SMP NEGERI 1 JALANCAGAK
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1468Keywords:
Keterampilan Siswa, Menulis, Resiprokal, Teks ProsedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur di kelas VII I SMP Negeri 1 Jalancagak melalui penerapan model pembelajaran Resiprokal. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya dengan KKM sebesar 75. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan tiga pertemuan dalam setiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII I SMP Negeri 1 Jalancagak pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 34 siswa. Nilai rata-rata kelas tes evaluasi pada siklus I adalah 71,32 dengan 18 siswa yang tuntas KKM (52,94%) dan nilai rata-rata tes evaluasi pada siklus II adalah 85,44 dengan 31 siswa yang tuntas KKM (91,18%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 14,12. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Resiprokal dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks prosedur di kelas VII I SMP Negeri 1 jalancagak semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.