MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SAGALAHERANG

Authors

  • Eti Sri Haryati SMP Negeri 1 Sagalaherang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1469

Keywords:

Keterampilan Siswa, Menulis, Teks Berita, Think Talk Write

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya keterampilan siswa dalam menulis teks berita di kelas VIII C SMP Negeri 1 Sagalaherang melalui penerapan model pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal 75. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Sagalaherang semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada pra siklus, siklus I, dan siklus II diketahui ada peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis teks berita yang diperoleh siswa kelas VIII C. Pada siklus I rata-rata hasil tes siswa sebesar 71,56 dengan tingkat ketuntasan sebesar 53,13%. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi pada siklus II, yaitu dengan rata-rata hasil tes yang diperoleh siswa sebesar 84,84 dengan tingkat ketuntasan sebesar 90,63%, sehingga terjadi peningkatan hasil belajar siswa  sebesar 13,28 dan peningkatan tingkat ketuntasan sebesar 37,50%.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Haryati, E. S. (2022). MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SAGALAHERANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 211–224. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1469