MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SERANGPANJANG

Authors

  • Dadi Suwandi SMP Negeri 1 Serangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1470

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Inkuiri, Zat Aditif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Zat Aditif melalui penerapan model pembelajaran Berbasis Inkuiri di Kelas VIII C SMP Negeri 1 Serangpanjang. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, 2 pertemuan awal adalah pembelajaran dan 1 pertemuan terakhir adalah tes evaluasi dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 73. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Serangpanjang yang berjumlah 32 siswa. Nilai rata-rata kelas tes evaluasi pada siklus I adalah 71,25 dengan 16 siswa yang tuntas KKM (50%) dan nilai rata-rata tes evaluasi pada siklus II adalah 85 dengan 28 siswa yang tuntas KKM (87,50%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,75. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Zat Aditif di kelas VIII C SMP Negeri 1 Serangpanjang.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Suwandi, D. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT ADITIF MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI DI KELAS VIII C SMP NEGERI 1 SERANGPANJANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 225–236. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1470