MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KONSEP LISTRIK STATIS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DI KELAS IX D SPF SMP NEGERI 1 SERANGPANJANG

Authors

  • Aan Ahmad Yani SPF SMP Negeri 1 Serangpanjang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1471

Keywords:

Kemampuan Memahami, Listrik Statis, Metode Demontrasi, Dan IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Listrik Statis melalui penerapan metode demontrasi di Kelas IX D SPF SMP Negeri 1 Serangpanjang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX D SPF SMP Negeri 1 Serangpanjang yang berjumlah 34 siswa. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya, dua pertemuan awal adalah pembelajaran secara utuh dan satu pertemuan terakhir adalah post test dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75. Nilai rata-rata post test pada siklus I adalah 70,88 dengan 17 siswa yang tuntas KKM (50%) dan nilai rata-rata post test pada siklus II adalah 84,12 dengan 30 siswa yang tuntas KKM (88,24%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,24. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan metode demontrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi Listrik Statis di kelas IX D SPF SMP Negeri 1 Serangpanjang.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Yani, A. A. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KONSEP LISTRIK STATIS MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DI KELAS IX D SPF SMP NEGERI 1 SERANGPANJANG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 237–249. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1471