UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER SISWA KELAS VII-B SMP NEGERI 1 CIMENYAN
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1472Keywords:
Hasil Belajar, Matematika, Metode TreffingerAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika di Siswa di Kelas VII-B SMP Negeri 1 Cimenyan, Kabupaten Bandung pada materi perbandingan melalui model Treffinger. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah dapat ikut serta dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pendidikan. metode peneltiian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Prosedur penelitian tindakan kelas yang digunakan mengadopsi desain penelitian tindakan kelas yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil belajar menjadi indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini. Hasil belajar yang dimaksud adalah berupa nilai yang diperoleh setiap siswa setelah dilaksanakan tes. Adapun cara atau teknik-teknik yang digunakan dalam kegiatan pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas ini adalah Observasi, Tes, Wawancara, dan Dokumentasi kegiatan pembelajaaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dipaparkan, secara keselurhan proses pembelajaran mengalami perubahan dan peningkatan secara berangsur dari tiap tindakan dan siklusnya. Proses pembelajaran pada siklus 1 tindakan 1 menemui banyak kendala dan kekurangan. Berdasarkan seluruh pembahasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa model treffinger dapat meningkatkan proses belajar siswa dalam pembelajaran matematika Siswa di Kelas VII-B SMP Negeri 1 Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung pada materi perbandingan. Dalam proses pembelajarannya siswa menjadi lebih aktif dan kreatif dalam menyelesaikan soal melalui berbagai kegiatan seperti investigasi, diskusi dan presentasi. Dengan adanya peningkatan hasil belajar ini, juga menunjukkan bahwa penelitian yang dilaksanakan dapat dikatakan telah berhasil.