MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI CIRI MAHLUK HIDUP MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIRS SHARE (TPS
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas III SD Negeri Tunas Harapan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1475Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Think Pairs Share (TPS)Abstract
Kegiatan pembelajaran Sub Tema Ciri ciri Mahluk Hidup di SD Negeri Tunasharapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang mengalami sejumlah permasalahan. Diantaranya adalah perolehan hasil belajar peserta didik yang masih rendah. Jika hal ini terus dibiarkan, dikhawatirkan tujuan pembelajaran IPA tidak akan tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pairs Share) di SD Negeri Tunasharapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pairs Share) di SD Negeri Tunasharapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklusnya. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan tiga pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri Tunasharapan Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang pada semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai terendahnya 55 dan nilai tertingginya 80, sedangkan pada siklus II nilai terendahnya 65 dan nilai tertingginya 100. Besarnya peningkatan nilai bervariasi, mulai dari 0 sampai 40. Namun, rata-rata peningkatannya adalah 15,25. Berdasarkan hasil angket , terlihat membuat siswa senang dan tertarik terhadap pelajaran IPA, model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) memudahkan siswa untuk memahami materi Ciri- ciri Mahluk Hidup, membuat siswa dapat menerapkan materi dalam kehidupan sehari-hari, membuat siswa berani untuk mengungkapkan pendapatnya, Siswa lebih senang pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS) dibandingkan pembelajaran biasa (konvensional), dan yang lebih utama siswa lebih termotivasi dan meningkatkan hasil belajar IPA setelah menerapkan model pembelajaran Think Pairs Share (TPS).