MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT UKUR SATUAN PANJANG MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS

(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas II SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)

Authors

  • Nana Dana SDN Negeri Pasirluhur

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1486

Keywords:

Hasil Belajar, Metode Demontrasi, Pemberian Tugas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Alat Ukur Satuan Panjang melalui penerapan  Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas  pada siswa kelas II  SD Negeri  Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang semester Genap tahun pelajaran 2021/2022. Subyek penelitian terdiri dari 18 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan  ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 68,61 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 80,33. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,72 ( 17,08% ). Dengan demikian pembelajaran Matematika  dengan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-12-19

How to Cite

Dana, N. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ALAT UKUR SATUAN PANJANG MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS: (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas II SD Negeri Pasirluhur Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 357–364. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1486