MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE

(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Dayeuhkolot I Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)

Authors

  • Hidayah Hidayah SDN Dayeuhkolot I Kec. Sagalaherang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1488

Keywords:

Perjuangan Para Pahlawan, Kemampuan Siswa, Examlple Non Example

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa Kelas IV  SD Negeri Dayeuhkolot I semester Genap tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami materi Perjuangan Para Pahlawan melalui penerapan model pembelajaran Examlple Non Example. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi Perjuangan Para Pahlawan dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Examlple Non Example. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,67 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 50,00% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 84,00 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 14,33.

Downloads

Published

2022-12-20

How to Cite

Hidayah, H. (2022). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI SUB TEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON-EXAMPLE: (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Dayeuhkolot I Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 5(2), 365–375. https://doi.org/10.35569/jpg.v5i2.1488