MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KATA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
(Pelajaran Bahasa Indonesia kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang Tahun 2019/2020)
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1616Keywords:
Kartu Kata, Media, Pengorganisasian, Peningkatan, Tindakan KelasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang dengan menggunakan media kartu kata. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu (1) siklus I tema lingkungan, pembelajaran membaca menggunakan media kartu kata, dan pembelajaran dilaksanakan secara klasikal. (2) siklus II tema budi pekerti, pembelajaran membaca menggunakan media kartu kata dengan pembelajaran dilaksanakan dengan pengorganisasian siswa dalam kelompok kecil (teman sebangku). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang dengan jumlah siswa 36 anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: penggunaan media kartu kata terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas III SDN Darmaga III Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, yaitu nilai siswa meningkat dari nilai rata-rata 5,60 menjadi 86,23 yakni meningkat 15%. Sesuai dengan kriteria yang ditentukan maka peningkatan ini tergolong baik. Penggunaan media kartu kata yang didukung media pembelajaran yang relevan juga berdampak pada peningkatan aktivitas dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran.