MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI TEKS INFORMATION REPORT

(Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX-A MTs Negeri 2 Subang Semester Genap Tahun pelajaran 2018/2019)

Authors

  • Cucu Marliana MTs Negeri 2 Subang

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1618

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar bahasa Inggris materi teks Information Report melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw  dan mengetahui peningkatan aktivitas belajar bahasa Inggris materi teks Information Report melalui penerapan model pembelajarankooperatif tipe Jigsaw pada siswa Kelas IX-A MTs Negeri 2 Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI-A MTs Negeri 2 Subang Tahun Pelajaran 2018/2019   sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, teknik tes dan dokumentasi. Validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw terbukti dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dimana pada kondisi awal hanya ada 12 siswa atau 34,29% meningkat menjadi 22 siswa atau 62,86% dan 32 siswa atau 91,43% pada siklus terakhir. Penjelasan peningkatan hasil  belajar juga meningkat pada setiap siklusnya dari 62,57 menjadi 76,29 dan 87,43 pada siklus kedua.  Hal tersebut juga dibuktikan dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal dimana pada kondisi awal hanya terdapat 8 siswa atau 22,86% meningkat menjadi 65,71% atau 23 siswa dan 33 siswa atau 94,29% pada siklus kedua. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IX-A MTs Negeri 2 Subang Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Penulis merekomendasikan bahwa pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat berjalan dengan baik, dengan upaya  siswa  mempersiapkan diri dengan baik sebelum  kegiatan pembelajaran,  siswa  lebih aktif  dalam belajar berkelompok, dan  Guru berperan  sebagai fasilitator yang baik dalam kegiatan pembelajaran,  dan menerapkan strategi, metode atau model pembelajaran didukung sarana dan prasarana dalam penyediaan alat dan media pembelajaran.  

Downloads

Published

2023-03-23

How to Cite

Marliana, C. (2023). MENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS MATERI TEKS INFORMATION REPORT : (Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas IX-A MTs Negeri 2 Subang Semester Genap Tahun pelajaran 2018/2019). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(1), 21–31. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1618