PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS OPINI TERHADAP ISU AKTUAL DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BERITA PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 2 SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1619Keywords:
Kemampuan Menulis, Media Berita, OpiniAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsi peningkatan kemampuan menulis opini pada siswa kelas XII IPS 3 setelah mendapat pembelajaran dengan media berita. Selain itu, penelitian ini juga mendeskripsi respon siswa kelas XII IPS 3 setelah mendapat pembelajaran dengan media berita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XII IPS 3. Siklus I dan Siklus II terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel penelitiannya adalah keterampilan menulis opini, pendekatan proses menulis opini melalui media berita dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat pengambil data tes yang digunakan yaitu berupa tes keterampilan menulis opini, sedangkan alat pengambil data nontes yang digunakan adalah pedoman observasi, siswa, serta dokumentasi foto. Analisis data yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis opini dengan pendekatan proses melalui media berita dapat meningkatkan kemampuan menulis opini. Pada Siklus I nilai rata-rata klasikal diperoleh sebesar 69,96. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 76,76 atau meningkat sebesar 9,72% dari siklus I. Peningkatan rata-rata pada siklus II juga dapat dilihat dari kelima aspek, dalam aspek kualitas isi, keterampilan siswa meningkat sebesar 1.87%, aspek organisasi tulisan mengalami peningkatan sebesar 5.34%, aspek pilihan kata mengalami peningkatan sebesar 0.63%, aspek penggunaan bahasa mengalami peningkatan sebesar 12.97%, dan aspek mekanik tulisan mengalami peningkatan sebesar 44.00% dari siklus II. Selain itu, perubahan perilaku dalam penelitian ini adalah siswa tampak lebih senang dan merespon media berita yang tayangkan guru, lebih semangat, aktif dalam mengikuti pembelajaran, dan menjadi senang dengan kegiatan menulis opini serta siswa menjadi termotivasi untuk menulis.