UPAYA MENINGKATKAN KINERJA MELALUI SUPERVISI INDIVIDUAL TERHADAP GURU KELAS VI
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1620Keywords:
Hasil Kerja, Kinerja, Peningkatan, Supervisi IndividualAbstract
Tujuan Penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kinerja guru kelas VI dalam pengelolaan pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran hasil belajar pada mata pelajaran yang diajarkan oleh guru kelas VI binaan Kecamatan Cipunagara Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan disain penelitian tindakan (action research) sekolah (PTS) dengan rancangan dua siklus melalui prosedur: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (action), (3) pengamatan (observation), (4) refleksi (reflecsion) dalam tiap-tiap siklus. Tempat penelitian dilakukan di SD Binaan di wilayah Kecamatan Kecamatan Cipunagara. Objek penelitiannya adalah guru kelas VI Binaan di wilayah Kecamatan Kecamatan Cipunagara Pada tahun pelajaran 2019/2020, yang berjumlah 6 (enam) orang Guru Kelas VI. Teknik pengumpulan data meliputi panduan observasi, panduan wawancara, jurnal kegiatan Guru Kelas VI dan siswa, tes kinerja Guru Kelas VI, dan tes pengukuran hasil belajar siswa. Instrumen pengumpul data meliputi: 1). Pedoman observasi dan pengamatan (observasi), 2). Instrumen penilaian kinerja Guru Kelas VI, 3). Instrumen penilaian hasil belajar siswa, 4). Instrumen validasi soal. Teknik Analisis Data. Data yang terkumpul dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitiannya adalah bahwa terdapat peningkatan yang lebih jelas kinerja Guru Kelas VI dari mulai tes awal, siklus I, dan siklus II. Peningkatan kinerja Guru Kelas VI dari awal sebelum tindakan sebesar 58,2%, setelah tindakan siklus I menjadi 70,1%, dan setelah tindakan siklus II meningkat lagi menjadi 83,7%. Data tersebut memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan yang cukup tajam dari awal, setelah siklus I, sampai dengan setelah tindakan siklus II. Hasil penelitian tindakan supervisi inidivual terhadap Guru Kelas VI terbukti memberikan peningkatan kinerja Guru Kelas VI yang selanjutnya berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dPKnhami karena jika Guru Kelas VI meningkat kinerjanya maka jelas akan terjadi pembelajaran yang efektif dengan kualitas belajar yang optimal, sehingga peserta didik memiliki daya serap terhadap leajarannya yang tinggi pula dan pada akhirnya hasil belajar PKn peserta didik menjadi lebih optimal. Perencanaan Guru Kelas VI yang matang dalam mempersiapkan proses belajar mengajar merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kualitas pembelajaran.