PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN PERMAINAN MERAIH SASARAN
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1621Keywords:
Lompat Jauh, Permainan Meraih Sasaran Bola di Udara, Pengembangan PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa pengembangan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dengan permainan meraih sasaran bola di udara pada siswa kelas V SDN Darmaga IV. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Darmaga IV. Instrumen yang digunakan berbentuk kuesioner dan pengamatan gerak siswa untuk pengumpulan data dari evaluasi ahli dan uji coba dengan pertimbangan jumlah subjek yang relatif banyak dan diambil secara serentak dalam waktu yang singkat. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif berbentuk persentase, dengan saran dan alasan memilih jawaban responden dianalisis secara teknik analisis kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Hasil uji ahli penjas dan ahli pembelajaran dalam uji coba skala kecil (N15), diperoleh hasil dengan rata-rata persentase 85% (baik) dan uji lapangan skala besar (N=43) diperoleh hasil dengan persentase 89% (sangat baik). Hasil dari pengamatan gerak pada uji coba skla kecil (N15) hasil yang diperoleh dengan rata-rata persentase 81% (Baik), pada uji coba skala besar (N43) hasil yang diperoleh dengan rata-rata persentase 84,33% (Baik). Berdasarkan hasil data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa permainan hasil pengembangan pembelajaran gerak dasar lompat jauh gaya jongkok dengan permainan meraih sasaran bola di udara dapat layak digunakan pada siswa kelas V SDN Darmaga IV.