AKTUALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SMP NEGERI 2 BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG

Authors

  • Achmad Fadillah Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1629

Keywords:

Hasil Balajar, Manajemen Pendidikan, Mutu Proses, PTK

Abstract

Guru profesional senantiasa akan mengaktualisasi kompetensinya untuk melakukan inovasi dalam manajemen pembelajaran dan pendidikan, yang akan merubah paradigma pendidikan lama menjadi pendidikan yang reformartif dan lebih demokratis. Konsekuensi logis dari inovasi tersebut adalah peningkatkan mutu proses dan hasil belajar siswa. Proses dan hasil belajar harus menjadi bahan kajian guru lebih lanjut, guna mendapatkan tindakan yang mengarah kepada perbaikan dan peningkatan mutu. Dalam hal ini inovasi bermaksud memperkenalkan sesuatu yang baru yang bersifat pembaruan, yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dilaksanakan sebelumnya. Setiap penemuan yang menunjukkan ketidaksesuaian dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang diharapkan, maka diadakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan PTK timbul dari permasalahan praktis yang secara langsung dirasakan guru dalam menjalankan tugas profesinya sehari-hari, yakni sebagai pengelola program pembelajaran di kelas. Guru sebagai pelaku utama dalam manajemen pembelajaran di sekolah secara praktis akan mengetahui berbagai permasalahan yang dihadapi dikelasnya, yang berkaitan dengan permasalahan pengajaran. PTK cukup potensial untuk membantu memecahkan masalah guru dalam menjalankan profesinya sekaligus guna meningkatkan kinerjanya. Oleh karena itu PTK menjadi bagian yang penting dari pekerjaan guru karena mereka terbiasa menemukan masalah-masalah dalam pembelajaran yang dilaksanakan

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Fadillah, A. (2023). AKTUALISASI KOMPETENSI GURU DALAM PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SMP NEGERI 2 BOJONGSOANG KABUPATEN BANDUNG. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(1), 125–138. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1629