MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SISWA PADA MATERI POKOK ALAT UKUR SATUAN PANJANG MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS

(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas II SD Negeri Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019)

Authors

  • Ema Narumanah SD Negeri Tunas Mulya

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1631

Keywords:

Alat Ukur Satuan Panjang, Kemampuan Siswa, Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Alat Ukur Satuan Panjang melalui penerapan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas  pada siswa kelas II  SD Negeri  Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang semester Genap tahun pelajaran  2018/2019. Subyek penelitian terdiri dari 22 orang siswa yang heterogen. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus sertiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan , pada pertemuan ke 1 dan ke 2 tentang pembahaasan materi pelajaran, sedangkan pertemuan  ke 3 dilaksanakan tes formatif. Rata- rata hasil tes formatif siklus 1 adalah 69,75 dan rata- rata hasil tes formatif siklus 2 adalah 81,91. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 12,24 (17,55%). Dengan demikian pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Metode Demontrasi dan Pemberian Tugas dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Narumanah, E. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA SISWA PADA MATERI POKOK ALAT UKUR SATUAN PANJANG MELALUI PENERAPAN METODE DEMONTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS: (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas II SD Negeri Tunas Mulya Kecamatan Sagalaherang Kabupaten Subang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(1), 152–157. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1631