MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VII K SPF SMP NEGERI 1 JALANCAGAK
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1633Keywords:
Keterampilan Siswa, Menulis, Teks Prosedur, Model Pembelajaran, Discovery Learning, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam Menulis Teks Prosedur di kelas VII K SPF SMP Negeri 1 Jalancagak melalui penerapan model pembelajaran Discoevry Learning. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar siswa dalam setiap siklusnya dengan KKM sebesar 75. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan tiga pertemuan dalam setiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII K SPF SMP Negeri 1 Jalancagak pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 34 siswa. Berdasarkan hasil tes evaluasi pada siklus I nilai rata-rata kelas adalah 72,65 dengan 18 siswa yang tuntas KKM (52,94%) dan nilai rata-rata tes evaluasi pada siklus II adalah 84,26 dengan 31 siswa yang tuntas KKM (91,18%). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 11,62. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam Menulis Teks Prosedur di kelas VII K SPF SMP Negeri 1 Jalancagak