MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI PERAN SERTA SISWA DALAM ORGANISASI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas V SD Negeri Cipancar Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1634Keywords:
Cooverative Learning, Kemampuan Siswa, Jigsaw, Peran serta siswa dalam organisasiAbstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Cipancar semester genap tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami materi peran serta siswa dalam organisasi melalui penerapan model pembelajaran jigsaw. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi peran serta siswa dalam organisasi dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil post test siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siswa pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata sebesar 69,69 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 43,75% dan pada siklus 2 meningkat menjadi 83,75 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 93,75%. Jadi nilai post test siswa mengalami peningkatan sebesar 14,06.