PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI UNGKAPAN PERINTAH

(Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas I SD Negeri Tunas Mulya Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/ 2022)

Authors

  • Ade Herlaeni SDN Tunas Mulya

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1635

Keywords:

Bercerita Berpasangan, Kemampuan Siswa, Ungkapan Perintah

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi ungkapan perintah melalui penerapan model pembelajaran bercerita berpasangan di kelas I SD Negeri Tunas Mulya semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi ungkapan perintah dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran bercerita berpasangan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 68,00 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 60,00% dan hasil test pada siklus 2 nilai rata-rata meningkat menjadi 82,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 14,50 dari siklus 1 ke siklus 2.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Herlaeni, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERCERITA BERPASANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI UNGKAPAN PERINTAH: (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas I SD Negeri Tunas Mulya Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/ 2022). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(1), 183–191. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i1.1635