MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1825Keywords:
Kemampuan Siswa, Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan, Two Stay Two StrayAbstract
Kenyataan di dalam kelas, prestasi belajar siswa kelas V pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan khususnya dengan penyebut berbeda ternyata jauh dari yang diharapkan. Dari hasil ulangan materi tersebut yang sudah dipelajari sebelumnya, ternyata hanya 6 siswa (30%) dari 20 siswa yang dinyatakan lulus, dan sisanya sekitar 14 siswa (70%) dinyatakan belum lulus, karena siswa belum memahami cara untuk menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan pecahan yang penyebutnya berbeda. Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas V dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan pecahan masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri Sariwangi semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan pecahan?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan pecahan melalui penerapan model pembelajaran two stay two stray di kelas V SD Negeri Sariwangi semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan prestasi belajar siswa dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran two stay two stray dalam memahami materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan nilai hasil post test dari siklus 1 ke siklus 2. Nilai post test siklus 1 mencapai rata-rata 68,24 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 50,00% dan pada siklus 2 nilai post test siswa meningkat menjadi 80,88 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,64.