MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU MELALUI PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK KELOMPOK DI KORWIL PENDIDIKAN KECAMATAN CIJAMBE KABUPATEN SUBANG
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1826Keywords:
Profesionalisme Guru, Supervisi Akademik, Teknik Kelompok WorkshopAbstract
Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru melalui penerapan supervisi akademik teknik kelompok di Korwil Pendidikan Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang. Subjek penelitian adalah guru-guru SD Negeri di Korwil Pendidikan Kecamatan Cijambe yang berjumlah 40 orang dari 5 sekolah dasar negeri yang menjadi binaan peneliti. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan analisis dokumentasi. Aspek-aspek yang disupervisi adalah yang sesuai dengan pendapat Kunandar (2007:45), yaitu Kemampuan merencanakan program belajar mengajar, Menguasai bahan pelajaran, Melaksanakan/mengelola proses belajar mengajar, Menilai kemajuan proses belajar mengajar, Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan didapatkan kesimpulan bahwa: Penerapan supervisi akademik teknik kelompok workshop terbukti dapat meningkatkan profesionalisme guru dalam pembelajaran.Terbukti dari hasil observasi pada setiap tindakan yang telah dilaksanakan oleh peneliti sebagai pengawas sekolah. Dimana pada siklus I skor profesionalisme guru sebesar 71,50%. Meningkat pada siklus II skor profesionalisme guru menjadi 89,69%.