MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIRS SHERE)

(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Ekanugraha Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022)

Authors

  • Cucu Ilah Nerlaelah SD Negeri Ekanugraha

DOI:

https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1830

Keywords:

Hak dan Kewajiban, Hasil Belajar Siswa, PPKN, Think Pairs Shere

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hak dan Kewajiban melalui penerapan model pembelajaran Tipe TPS (Think Pairs Shere) di kelas IV SPF SD Negeri Ekanugrha semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dalam dua siklus dengan 3 kali pertemuan dalam setiap siklusnya. Penelitian ini menggunakan desain PTK yang dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan tahap siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 70. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SPF SD Negeri Ekanugrha sebanyak 19 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Hak dan Kewajiban dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Tipe TPS (Think Pairs Shere) di kelas IV SPF SD Negeri Ekanugrha. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan hasil tes siswa dari siklus I ke siklus II. Hasil rata-rata tes siklus I mencapai 68,75 dengan ketuntasan 53% dan pada siklus II hasil rata-rata tes meningkat menjadi 84 dengan ketuntasan 89%.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Nerlaelah, C. I. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK DAN KEWAJIBAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIRS SHERE) : (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Ekanugraha Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022). JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 6(2), 295–306. https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1830