MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA BEKERJASAMA MENCAPAI TUJUAN MELALUI PENERAPAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Ekanugraha Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1831Keywords:
Kemampuan Siswa, Lingkungan Sekolah, Nilai-Nilai Persatuan, ScrambleAbstract
Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VI dalam memahami Sub Tema Bekerjasama Mencapai Tujuan masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Ekanugraha semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami Sub Tema Bekerjasama Mencapai Tujuan?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Ekanugraha semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dalam memahami Sub Tema Bekerjasama Mencapai Tujuan melalui penerapan model pembelajaran scramble. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami Sub Tema Bekerjasama Mencapai Tujuan dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran scramble. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 70,33 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 47,06% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 82,50 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 88,24%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 12,22.