PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI KEPEMIMPINAN DI SEKITARKU
(Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VI SD Negeri Sangkuriang Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022)
DOI:
https://doi.org/10.35569/jpg.v6i2.1833Keywords:
Kemampuan Siswa, Kepemimpinan Disekitarku, Two Stay Two StrayAbstract
Rumusan permasalahan pada penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas VI dalam memahami materi kepemimpinan disekitarku masih rendah. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VI SD Negeri Sangkuriang semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 dalam materi kepemimpinan disekitarku melalui penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam materi kepemimpinan disekitarku dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil post test siklus 1 mencapai nilai rata-rata 69,81 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 55,00% dan pada siklus 2 meningkat nilai rata-rata post test menjadi 84,04 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 90,00%. Jadi prestasi belajar mengalami peningkatan sebesar 14,23.