MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI PERAN INDONESIADI ASIA TENGGARAMELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE JIGSAW
Keywords:
Pembelajaran PKn di SD, , Model Pembelajara Cooperative Learning, Type JigsawAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Arjasari karena melihat hasil belajar PKn di SDN Arjasari yang belum optimal. Proses pembelajaran yang monoton, perolehan hasil belajar siswa masih rendah,dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mengetahui motivasi siswa kelas VI SDN Arjasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang selama pembelajaran PKn pada materi pokok Memahami Peran Indonesia di Asia Tenggara menggunakan Model Pembelajara Cooperative Learning Type Jigsaw, 2) Mengetahui hasil belajar siswa kelas VI SDN Arjasari Kecamatan Serangpanjang Kabupaten Subang pada pokok Memahami Peran Indonesia di Asia Tenggara setelah menggunakan Model Pembelajara Cooperative Learning Type Jigsaw.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya penggunaan Model Pembelajara Cooperative Learning Type Jigsaw pada materi pokok Memahami Peran Indonesia di Asia Tenggara dalam mata pelajaran PKn di kelas IV menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar 68,78 pada siklus I dan sebesar 80,00 pada siklus II. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan nilai rata- rata sebesar 11,22 ( 16,31% ). Kesimpulan penelitian ini bahwa penggunaan Model Cooperative Learning Type Jigsaw dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar pada pembelajaran PKn materi pokok Memahami Peran Indonesia di Asia Tenggara di kelas VI SDN Arjasari Kecamatan Serangpanjan