PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Authors

  • DIAN FERDIANI Madrasah Aliyah Negeri 1 Subang

Keywords:

metode jigsaw, hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran mengenai hasil belajar siswa sebelum menerapkan metode jigsaw, penerapan metode jigsaw, dan hasil belajar siswa setelah menerapkan metode jigsaw. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu bentuk penelitian tindakan yang langsung dilaksanakan di kelas. Adapun model PTK yang dipilih adalah model Kemmis dan Taggart, dengan didasarkan pada pertimbangan bahwa model ini cukup sederhana, sehingga mudah dipahami. Dari hasil penerapan metode jigsaw dapat dilihat peningkatan dari mulai sebelum penerapan sampai pada setelah penerapan. Hasil pembelajaran siklus I pertemuan pertama dapat diperoleh rata-rata kelas sebesar 66 dan ketuntasan belajar mencapai 44,11 %. Hasil pembelajaran siklus I pertemuan kedua dapat diperoleh rata-rata kelas sebesar 68 dan ketuntasan belajar mencapai 52,94%. Hasil pembelajaran siklus I pertemuan ketiga dapat diperoleh rata-rata kelas sebesar 69 dan ketuntasan belajar mencapai 55,88 %. Hasil pembelajaran siklus II pertemuan pertama dapat diperoleh rata-rata kelas sebesar 72 dan ketuntasan belajar mencapai 70,5%. Hasil pembelajaran siklus II pertemuan kedua dapat diperoleh rata-rata kelas sebesar 75 dan ketuntasan belajar mencapai 76,4%. Hasil pembelajaran siklus II pertemuan ketiga dapat diperoleh rata-rata kelas sebesar 81 dan ketuntasan belajar mencapai 88,2%. Hasil ini menunjukkan bahwa PTK yang dilakukan ini berhasil yaitu dapat meningkatkan hasil belajar para siswa dalam mata pelajaran biologi.

Downloads

Published

2018-10-26

How to Cite

FERDIANI, D. (2018). PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 1(02), 107–125. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/336