PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIG SAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI BEBATUAN SAMPAI DENGAN ZAMAN MESOLITIKUM PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI MIA MAN SUBANG
Keywords:
Hasil Belajar, Pendekatan Jig SawAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Untuk mengetahui proses penerapan pendekatan Kooperatif Tipe Jig Saw untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran Sejarah Indonesia materi Perkembangan teknologi bebatuan sampai dengan zaman mesolitikum pada setiap siklus, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Sejarah Indonesia pada materi Perkembangan teknologi bebatuan sampai dengan zaman mesolitikum setelah menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe Jig Saw di akhir siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan Kooperatif Tipe Jig Saw. Lokasi penelitian ini berada di MAN Subang, dan subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 MAN Subang. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Indikator keberhasilan adalah hasil tes siswa ≥ KKM, dengan nilai KKM 75 dan siswa dapat mengerjakan soal, aktif dalam belajar, serta kehadiran siswa ≥ 80%. Hasil penelitian sebagai berikut : (1) Hasil penguasaan siswa terhadap materi pelajaran menunjukkan adanya peningkatan dengan nilai perolehan rata-rata sebelum menggunakan pendekatan Jig Saw 70, setelah menggunakan pendekatan kooperatif tipe Jig Saw nilai post tes siswa mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 74,9 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 77,5. (2) Sedangkan prosentase tingkat ketuntasan belajar siswa mengalami kemajuan yang signifikan 45,9% sebelum menggunakan pendekatan kooperatif tipe Jig Saw, setelah menggunakan pendekatan tersebut menjadi 67,6% pada siklus I. Dan pada akhir siklus II prosentase ketuntasan sudah termasuk kategori sangat baik yaitu menjadi 100%.