MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MEMAHAMI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE MIND MAPPING
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Metode Mind Mapping Kelompok.Abstract
Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN Sagalaherang IV belum optimal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang monoton dan aktivitas siswa dalam pembelajaran bersifat pasif. Jika hal ini dibiarkan, dikhawatirkan tujuan pembelajaran IPS tidak tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penggunaan metode Mind Mapping di SD Negeri Sagalaherang IV Sagalaherang Kabupaten Subang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode Mind Mapping di SD Negeri Sagalaherang IV Sagalaherang Kabupaten Subang. Indikator keberhasilan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatnya hasil belajar peserta didik dalam setiap siklusnya. Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Stephen Kemmis dan Robin Mc. Taggart. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan dua pertemuan pada tiap siklusnya. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SD Negeri Sagalaherang IVA Sagalaherang Kabupaten Subang pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diterapkannya metode Mind Mapping pada pokok bahasan Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi dalam mata pelajaran IPS di kelas IVA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS. Juga hasil belajar siswa meningkat dilihat dari jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dari 22 siswa (45%) dengan nilai rata-rata kelas mencapai 68,64 pada siklus I, dan siswa yang tuntas sebanyak 19 orang dari 22 siswa (86,36%) dengan nilai rata-rata kelas menjadi 81,36 pada siklus II. Dengan demikian menunjukkan bahwa penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.