PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI

Authors

  • Yuyun Rosmawati SD Negeri Sagalaherang IV Kec. Sagalaherang

Keywords:

media gambar, kemampuan siswa, mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri, bahasa indonesia

Abstract

Rumusan permasalahan pada penelitian inIdalah kemampuan siswa kelas I dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri masih rendah. Dengan demikian : “Bagaimanakah penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas I SD Negeri Sagalaherang IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri?”. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan  siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri melalui penerapan media gambar di kelas I SD Negeri Sagalaherang IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi mengelompokkan benda sesuai ciri-ciri dapat dilakukan dengan menerapkan media gambar. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa  dari siklus 1 ke siklus 2. Hasil test siklus 1 nilai rata-rata mencapai 70,34 pada kategori cukup dengan prosentase kelulusan 44,83% dan hasil test pada siklus 2 dengan nilai rata-rata meningkat menjadi 81,21 pada kategori baik dengan tingkat prosentase kelulusan 89,66%. Jadi prestasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 10,87 dari siklus 1 ke siklus 2.

Downloads

Published

2019-10-31

How to Cite

Rosmawati, Y. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI MENGELOMPOKKAN BENDA SESUAI CIRI-CIRI. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(2), 378–389. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/552