PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENGEMBANGKAN INTERAKSI EDUKASI DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MATERI MEMAHAMI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA
Keywords:
Pendekatan inkuiri, interaksi edukasi, Hasil Belajar Peserta DidikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui respon peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 2 Subang terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi memahami perubahan Sosial pada Masyarakat dengan pembelajaran inkuiri, (2) Mengetahui aktivitas guru menerapkan pembelajaran inkuiri di kelas IX-A SMP Negeri 2 Subang pada pelajaran IPS materi memahami prubahan sosial-budaya, (3) mengetahui hasil belajar IPS kelas IX-A SMP Negeri 2 Subang pada materi memahami perubahan sosial-budaya. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A sejumlah 42, terdiri dari 24 peserta didik perempuan dan 18 peserta didik laki-laki. Penelitian didesain dalam bentuk penelitian tindakan (PTK), terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan/observasi dan refleksi. Data yang terkumpul disesuaikan dengan instrumen yang digunakan (lembar tes, lembar observasi dan angket). Dari hasil pengamatan dan analisis diperoleh bahwa: (1) Peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 2 Subang menunjukkan respon yang baik terhadap pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial materi memahami perubahan Sosial Budaya dengan penerapan pembelajaran inkuiri, hal ini ditunjukkan dari adanya peningkatan perbaikan perilaku peserta didik dari satu siklus ke siklus berikutnya selama pembelajaran, (2) Aktivitas guru menerapkan pembelajaran inkuiri pada pelajaran memahami perubahan sosial budaya di kelas IX-A SMP Negeri 2 Subang, mampu menciptakan interaksi edukasi secara aktif selama pembelajaran, (3) Hasil belajar peserta didik kelas IX-A SMP Negeri 2 Subang pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi memahami perubahan Sosial Budaya dengan pembelajaran inkuiri menunjukkan hasil meningkat dari siklus satu ke siklus berikutnya.