PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA

Authors

  • Iis Sugiarti Universitas Subang

Keywords:

Kemampuan Koneksi Matematis, Model Pembelajaran CORE

Abstract

Koneksi matematis merupakan suatu kemampuan yang penting yang harus dimiliki siswa karena kemampuan ini memandang matematika sebagai suatu kesatuan bukan sebagai materi yang berdiri sendiri merupakan dan masih perlu mendapat perhatian guru dalam proses pembelajaran matematika dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dibandingkan siswa yang memperoleh pembelajaran ekpositori. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kuantitatif. Metode Penelitian yang digunakan adalah nonequivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Subang, sedangkan sampel adalah siswa kelas XI Mipa 4 (kelas eksperimen) dan siswa kelas XI Mipa 3 (kelas kontrol) dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini diduga bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran CORE lebih baik daripada siswa yang mengunakan pembelajaran ekpositori dan menunjukan sikap positif siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran CORE

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Sugiarti, I. . (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 118–125. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1297

Issue

Section

Articles