PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, EXTEND) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA

Authors

  • Nita Natasya Universitas Subang

Keywords:

Keaktifan belajar, hasil belajar, metode learning cycle 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model learning cycle 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan keaktifan belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model learning cycle 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) lebih baik dibandingkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yang memperoleh metode pembelajaran konvensional. (3) Untuk mengetahui sikap siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika menggunakan model learning cycle 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan metode kuantitatif. Desain yang digunkan dalam penelitian ini adalah the nonequivalent pretest-postest control group design, dimana sebelum dilakukan penelitian setiap kelas dibeli pretest tujuannya untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Adapun selama penelitian berlangsung kelas eksperimen di beri perlakuan dan kelompok kelas kontrol tidak diberi perlakuan khusus. Kemuadian diakhir penelitian, masing-masing kelas di beri posttest tujuannya untuk melihat bagaimana hasilnya, apakah ada perbedaan atau tidak dari masing-masing kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk hasil masih dalam tahap perencanaan rencananya akan di laksanakan di SMA Negeri 2 Subang dengan sampel X MIPA 7 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 8 sebanyak 34 peserta didik sebagai kelas kontrol.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Natasya, N. . (2022). PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE, EXTEND) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 126–132. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1298

Issue

Section

Articles