Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Realistic Mathematics Education (RME)

Authors

  • Tia Isbandini Universitas Subang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah, Realistic Mathematics Education (RME)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa, dilatarbelakangi oleh hasil-hasil penelitian terdahulu menunjukan bahawa kemampuan pemecahan masalah matematis belum sesuai dengan yag diharapkan. Pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis salah satunya dengan penerapan model Realistic Mathematics Education (RME). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen berguna untuk mencari hubungan variabel tertentu terhadap variabel lain. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Jalancagak. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini melibatkan dua kelas menurut kehomogenan kemampuan-kemampuan kelas yang dipilih secara acak kelas, kedua kelas dibagi menjadi 2 yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa : (1) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada siswa yang mendapatkan pembelajaran model Realistic Mathematics Education (RME) dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model pembelajaran ekpositori.(2) rata-rata nilai siswa ekperimen yang diterapkan model Realistic Mathematics Education (RME) lebih tinggi dibandingkan rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran ekspositori.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Isbandini, T. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Realistic Mathematics Education (RME). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 154–159. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1302

Issue

Section

Articles