Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Authors

  • Tri Gustini Universitas Subang
  • Yanry Budianingsih Universitas Subang

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Problem Based Learning

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu dari lima standar proses dalam pembelajaran matematika. Representasi matematis merupakan suatu ungkapan dari ide dan gagasan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa dengan menggunakan model problem based learning di SMK Negeri 1 Subang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode kuasi eksperimen. Desain Nonequivalent Control Group Design digunakan sebagai desain penelitian. Populasi  dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMK Negeri 1 Subang yang terbagi dalam 22 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Probability Sampling dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling (sampel acak sederhana) yaitu pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini menggunakan sampel 2 kelas yang dipilih secara acak dari 22 kelas yang tersedia. Instrumen dalam penelitian ini berupa soal uraian (essay) yang dibuat untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa dalam bentuk Pretest dan Post-test. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol Pada kelas eksperimen diterapkan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2022-06-14

How to Cite

Gustini, T. ., & Budianingsih, Y. . (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Subang (SENDINUSA), 3(1), 160–175. Retrieved from https://ejournal.unsub.ac.id/index.php/sendinusa/article/view/1303

Issue

Section

Articles