PENENTUAN STRATEGI MARKETING SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TERPADU LAMPANG SUBANG MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

  • Rino Gupitha
Keywords: Strategi, Data Mining, K-means Klaster

Abstract

Penentuan Strategi Marketing Sekolah Menengah Kejuruan Terpadu Lampang Subang Menggunakan Metode K-Means Clustering. Strategi penerimaan siswa baru yang dilakukan oleh setiap sekolah haruslah berbeda. Hal ini dapat diterapkan oleh sekolah agar dapat menjaring para calon siswa untuk memilih sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengelompokkan data calon siswa ke dalam sebuah cluster. Sehingga diperoleh kelompok berdasarkan dari kemiripan data, yang akan berada dalam satu cluster. Penelitian ini di aplikasikan dengan pendekatan K-Means Clustering yang dapat digunakan sebagai suatu acuan untuk menentukan strategi promosi yang lebih efektif dan efisien serta dapat meningkatkan jumlah pendaftaran siswa baru selanjutnya.

Published
2019-11-19
Section
Articles