Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar

Authors

  • Risna Dwi Lestari Universitas Singaperbangsa
  • Kiki Nia Sania Effendi Universitas Singaperbangsa

DOI:

https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Keywords:

Bangun Datar, Kemampuan Literasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa ditingkat SMP dalam menyelesaikan soal pada materi bangun datar yaitu Segitiga dan Segiempat. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di MTS Al-Hikmah Johar Karawang dengan subjek penelitian sebanyak 15 siswa. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes literasi matematis yang berupa soal uraian dengan materi segitiga dan segiempat. Terdapat indikator kemampuan literasi matematis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: 1) Memformulasikan situasi nyata secara matematis, 2) Menerapkan konsep matematika, serta 3) Mengevaluasi hasil matematika. Hasil penelitian menunjukkan dari 4 soal literasi matematis yang diberikan, diperoleh bahwa pada soal nomor satu terdapat 1 siswa yang mampu memenuhi indikator literasi matematis, serta pada soal nomor 2, 3 dan 4 tidak ada siswa yang mampu memenuhi indikator literasi matematis. Hal ini disebabkan karena siswa kesulitan dalam mengkomunikasikan jawabannya secara tertulis. Selain itu, siswa tidak mengevaluasi jawabannya terlebih dahulu, hal ini dikarenakan siswa ingin cepat selesai dalam mengerjakan soal.

Downloads

Published

2022-02-15

How to Cite

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. . (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221